Laman

Rabu, 30 Juni 2010

gibson

Sebelum mengetahui proses pembuatannya, lebih baik mengetahui sejarah Gibson Les Paul.Nama Les Paul, barangkali tak banyak orang yang tahu. Tapi bagi para gitaris sejati, nama Les Paul tak asing lagi dan menjadi jaminan mutu untuk instrumen gitar. Nama Les Paul kini hanya bisa dikenang. Les Paul telah meninggal dunia.

Sang perintis gitar Les Paul meninggal di usia ke-94. Paul tutup usia setelah menderita komplikasi radang paru-paru. Les Paul adalah sosok pencetus yang berhasil mengubah wajah musik modern melalui penemuannya dalam pengembangan alat musik gitar. Seperti ditulis NME.com, berdasar pernyataan dari perusahaan gitar Gibson atau Gibson Guitar Corporation, Paul meninggal dunia Kamis (13/8) malam waktu setempat akibat terjadinya peningkatan komplikasi dari kasus radang paru-paru atau pneumonia. Dia meninggal di Rumah Sakit White Plains, New York, Amerika Serikat. Pemimpin perusahaan sekaligus pejabat eksekutif tertinggi atau CEO perusahaan gitar Gibson Henry Juszkiewicz memberikan penghormatan terakhir melalui sebuah pernyataan. “Dunia kini kehilangan seorang penemu paling berjasa, aku tidak bisa membayangkan hidup tanpa kehadiran Les Paul.” kata Juszkiewicz. “Ia selalu menghampiri setiap orang dan tersenyum pada siapa pun. Daya tariknya di bidang musik sangat luar biasa dan ia memiliki teknik sendiri yang tiada duanya di dunia,” kenang Juszkiewicz lagi.(VIN)


Gibson USA terdengar seperti nama sebuah kota. Dan itu pas, karena banyak seperti pusat perkotaan, operasi utama Gibson memiliki sejarah yang kaya dan kesibukan sendiri yang berbeda. Raksasa, yang dikendalikan komputer pemotong tubuh dan tangan-band dioperasikan gergaji, Sanders, Buffing roda, garpu bip lift, mendesis semprotan senjata dan berputar pick-up winders membuat dengung udara seperti versi lembut jam sibuk Manhattan .
Tapi Gibsons, tentu saja, dibuat di Nashville, TN, dan hampir semua pekerjaan yang terlibat dalam membangun sekitar 2.500 Les Paul, Flying Vs, Petualangan, SG, Firebirds dan model lainnya yang dibuat setiap minggu yang dilakukan oleh tangan. Bahkan proses otomatis – seperti pemotongan kayu balok ke dalam bentuk badan gitar – adalah bagian dari sebuah epik balet dari penjadwalan yang melibatkan hampir 500 pekerja yang didedikasikan untuk menjaga proses pembuatan gitar berjalan lancar.

Gibson USA adalah kurva yang lambat di belakang Massman Drive di Nashville. Ini adalah kompleks yang luas dibandingkan dengan toko kecil yang pertama Orville Gibson berlari di Kalamazoo, Mich, tahun 1894, atau bahkan pabrik penuh yang datang kemudian.

Brikut tahapan-tahapan pembuatan gitar gibson.

1. Inilah kayu yang bakal disulap menjadi sebuah gitar. Kayu-kayu ini akan diuji kelembapannya terlebih dahulu, apabila terlalu lembap, kayu akan dikeringkan di tempat pengeringan.

Setelah diuji kelembapannya, kayu tersebut pun diukir dengan menggunakan dalam pabrik. Tentu saja pengukirannya butuh ketelitian dan ketepatan untuk memastikan kualitasnya karenaitu dibantu oleh mesin-mesin khusus. Dalam tahap ini, yang dibuat adalah neck gitar, head gitar, dan bagian lain yang terbuat dari kayu pilihan. Ini dia pabriknya. Dipabrik inilah gitar2 akan diproduksi. Neck gitar yang sudah dibuat dari kayu-kayu tadi akan didesain sesuai dengan jenis gitar yang akan dibuat. Untuk mengerjakan proses awal dalam pembuatan gitar, haruslah dikerjakan oleh pekerja yang memiliki kualitas dan keahlian yang telah teruji kemampuannya.

Tahap selanjutnya ialah membentuk body guitar. Dalam membentuk body gitar ini, semua pekerjaan dilakukan dengan tangan jadi, diperlukan pekerja dengan tingkat kesabaran dan ketelitian yang tinggi untuk mengerjakannya. Selanjutnya ialah menggabungkan body dengan neck ini bukanlah pekerjaan mudah. Tetapi ini sangat wajib dilakukan dalam pembuatan gitar untuk menggabungkan satu set neck dengan body saja membutuhkan waktu setengah jam untuk menggabungkannya diperlukan lem yang kuat. Berikutnya adalah jalan menuju kesepurnaan. Dalam tahap ini, gitar akan dipersiapkan sebelum diwarnai seluruh rangka gitar akan diperiksa sebelum diwarnai, apabila terdapat kecacatan dalam rangka gitar, maka akan diperbaiki terlebih dahulu. Dan bila dinilai bagus gitar pun siap untuk diwarnai. Nah, sekarang kita masuk dalam tahap pewarnaan rangka gitar akan diwarnai sedemikian rupa agar lebih indah dan enak dipandang. Gitar akan diwarnai tergantung jenisnya. Misalnya biasanya diwarnai dengan warna hitam atau merah agar memberi kesan rock.

Setelah rangka gitar diwarnai, rangka tersebeut akan dicek terlebih dahulu. Apabila ada cat yang berlebih atau tidak rata, maka akan diperbaiki. Berikutnya, rangka gitar yang telah diwarnai akan diperhalus agar lebih nyaman dimainkan(ADDING GLOSS TO CLASS). Setelah rangka gitar jadi, barulah dipasang bridge, pick-up, atau peralatan elektronik lainnya agar gitar dapat berbunyi dalam tahap inilah komputer wajib digunakan untuk mensetting gitar sesuai jenisnya, karen settingan tiap2 jenis gitar berbeda. Udah jadi deh gitarnya gitar yang telah jadi akan diuji kualitasnya agar siap u

Tidak ada komentar:

Posting Komentar